KONSISTEN TERHADAP TEATER

Bekerja dengan iklas, setia berputar dalam pusaran

                                          

Fuad, itulah nama akrab panggilannyteatera. Pria kelahiran 20 Desember 1973 di kaki Gunung Panderman daerah Kota Batu ini akrab dengan teater sejak masih dibangku SD, keinginan berkesenian yang sangat kuat dengan kondisi yang sarat akan identitas budaya memacu untuk tetap eksis dan konsisten. Liku-liku dan pahit getirnya proses berkesenian pernah membuatnya berubah pikiran untuk menjauh dan tidak bersinggungan lagi dengan dunia seni. Akan tetapi sikap yang diambilnya ini justru membuat jiiwanya kering, hampa dan gelisah.

Kekeringan, kehampaan dan gegelisahan jiwa inilah yang menariknya kembali menekuni kesenian. Dengan membentuk sanggar teater “ Alif ” yang kemudian diubah nama menjadi teater “ Air ” ini semakin mengibarkan kiprahnya dalam dunia per-teateran di kota Batu. Cita-citanya ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk keluarga dan masyrakat ini terus memacunya untuk bergesekan terhadap lingkungan, ruang dan waktu.

Kesadaran terhadap ilmu dan pengetahuan yang selalu berkembang, menghantarkannya untuk meneruskan pendidikan di STKW Surabaya. Pilihan untuk sekolah lagi ini menantang kesungguhannya dalam tanggung jawab terhadap keluarga, pekerjaan dan cita-cita. Keinginan yang kuat tak dapat terhalang oleh waktu, jarak tempuh,dan kesibukan, dalam kurun waktu 5 tahun pria ini berhasil menyelesaikan studinya dan di wisuda menyandang gelar Sarjana Seni pada tahun 2012.

Gagasan tentang kesenian (seni teater) dan masyarakat adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, pada tahun 2011 Mas Fuad berhasil menggalang dan mendeklarasikan Master (Masyarakat Teater) yang dihadiri perwakilan komunitas teater berbagai daerah di Indonesia. Deklarasi ini dilakukan dalam rangka menjalin jaringan persahabatan dan persaudaraan serta sebagai media saling bertukar informasi terhadap perkembangan kesenian khususnya teater. Dari deklarasi Master ini akhirnya terlahir event parade Teater Jatim yang di gelar sampai sekarang setiap tahun pada acara hari teater dunia dan menjadi agenda di kota Batu. Saat ini nama Fuad Dwi Yono, S.Sn sangat populer dikancah perteateran kota Batu.

Melihat sepak terjangnya beraktivitas selain sebagai seniman, Fuad juga berprofesi sebagai Guru, pekerja seni Event Orgainizer, serta Pemerhati Anak. Di bidang organisasi Fuad juga tidak kalah ketatnya beraktivitas, sebagai ketua Komunitas Teater Kota Batu, Direktur Teater Air, Ketua LPA Kota Batu, serta Wakil Ketua Dewan Kesenian Kota Batu. Bahkan pada pemilu sebelumnya, Fuad sempat menjadi Calon Legislatif dari partai tertentu walaupun dalam perjalanan waktu masih belum berhasil duduk di lembaga Legislatif Kota Batu.

Banyaknya kegiatan Fuad dalam mengembangkan potensi di Kota Batu menjadi barometer keberadaan Fuad di kancah Kesenian, Politik, Sosial, dan sebagainya, bahkan banyak agenda acara yang siap digelar oleh Fuad di Kota Batu tersebut antara lain : Konggres Anak Indonesia, Shotting Film Festifal Jatim, Pentas Teater Tunggal kelilng 3 Kota Batu – Kediri – Gresik, Festifal Internatsional Kampung Tani, ART Island, Carnival Harlah Kota Batu, kegiatan rutin Performance di Ecco Green Park dan BNS Weekend. (marjangkung)