MAHASISWA STKW MENGIKUTI SEMINAR NASIONAL “MEA”

December 28, 2015 6:22 am Published by admin

Kawan… ketahuilah bahwa pada tahun lalu tentunya 14 – 17 November 2014, kami selaku mahasiswa seni STKW Surabaya yang beranggotakan tujuh orang (Dea, Pangayom, Arina, David, Sania, Ayuk, & Kristin) berangkat ke Solo tepatnya ISI Surakarta untuk melaksanakan Seminar Nasional dan Lokakarya dengan tema “Menghadapi MEA dengan Jalan Budaya”. Apa sih MEA?…MEA merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN, dimana ASEAN merupakan Perhimpunan Bangsa- Bangsa Asia Tenggara dan didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok yang diprakarsai oleh 4 Menteri Luar Negeri Negara Asia Tenggara, diantaranya: Indonesia, Malaysia, Thaliand, dan Singapura. Nah, maksud dan tujuan dari perhimpunan tersebut adalah untuk mewujudkan kerjasama dan integrasi di bidang politik, ekonomi, pendidikan dan social budaya, dan di fihak lain sebagai upaya promosi perdamaian dan stabilitas kawasan Asia Tenggara.

Maksud kedatangan kami mengikuti Seminar Nasional adalah guna menyambung silaturahmi dengan mahasiswa seluruh Indonesia yang mengikuti seminar nasional ini, karena pada dasarnya diikuti oleh mereka yang menjabat sebagai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di kampus masing-masing. Dengan adanya menjalin hubungan baik inilah maka mempermudah mahasiswa STKW tentunya anggota BEM untuk mengadakan kerjasama dengan mereka-mereka nantinya. Harus disadari bahwasanya kampus seni merupakan kampus yang tidak dapat diartikan bebas tanpa kualitas, justru mahasiswa di kampus seni inilah yang memiliki imajinasi dan sikap kreatif dalam menghadapi segala permasalahannya termasuk untuk menghadapi MEA pada tahun depan nantinya.

Kami mendapatkan fasilitas yang baik serta pelayanan yang baik pula dari pihak panitia seminar nasional pada waktu itu. Bagaimana tidak? Kita berangkat bersama-sama menggunakan kereta dan sesampainya di stasiun di jemput oleh panitia seminar nasional guna menuju wisma ISI Surakarta. Di wisma inilah kami mengenal peserta seminar nasional lainnya, karena kami dari STKW tidak tidur dalam satu kamar. Suka duka banyak kami rasakan selama mengikuti seminar nasional dan loka karya ini, tentunya kedisiplinan menjadi hal yang utama. Kami harus makan tepat waktu, dan mengikuti workshop sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Ada tiga seminar yang yang kami ikuti tentunya berkaitanan dengan MEA, setelah itu kami mengikuti lokakarya dimana dibagi menjadi tiga yaitu tari, musik, dan fashion. Tiga diantara kami mengikuti lokakarya tari dengan materi Teteg yang menceritakan suasana hati tokoh pewayangan pergiwo dan diikuti pula oleh peserta lokakarya dari kampus lainnya. Setelah itu ada musik gamelan yang diikuti pula oleh peserta dari STKW dan tentunya materi yang diajarkan tidak jauh berbeda dengan materi yang dberikan pada mahasiswa karawitan STKW pada umumnya yaitu cakraningrat, terakhir yaitu fashion dimana sebagian dari kami mengikutinya dengan senang hati karena disini kami diajarkan untuk membuat kostum sendiri dengan motif dan model yang disukai tentunya masih dalam bimbingan tentor yang terkait. Sehingga hasil dari loka karya tersebut dipertunjukkan saat malam ketiga atau lebih tepatnya tanggal 16 November 2015 dengan disaksikan oleh peserta seminar nasional beserta mahasiswa dari ISI Surakarta tentunya.

Ada hal terpenting yang dapat kami bawa pulang ke Surabaya yaitu ilmu yang bermanfaat tentunya dengan mengetahui tiga pilar utama yang saling mengikat dan memperkuat dalam ASEAN:

  1. ASEAN Political- Security Community, tujuannya membangun hubungan politik dan keamanan ASEAN ke tataran yang lebih tinggi, membangun kawasan yang damai dengan lingkungan mayarakat yang demokratis dan harmonis.
  2. ASEAN Economic Community, dengan tujuan untuk mendorong efisiensi dan daya saing ekonomi kawasan, yang merupakan integrasi regional negara- negara anggota di Asia Tenggara. ASEAN Economic Community bermaksud memperkuat integrasi ekonomi dan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi. Hal ini juga bertujuan untuk mempersempit kesenjangan pembangunan di antara negara- negara anggota, untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat warga ASEAN.
  3. ASEAN Socio and Cultural Community, yang bertujuan untuk melengkapi dan memperkuat dua komunitas sebelumnya. Memberikan kontribusi bagi terwujudnya ASEAN Community yang berbasis pada masyarakat, mengatisipasi dampak yang timbul sebagai akibat dari integrasi ekonomi, membentuk solidaritas dan persatuan antara bangsa- bangsa ASEAN dengan membentuk identitas budaya bersama, membangun masyarakat yang berbudaya luhur, harmonis, selanjutnya dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan lahiriah dan batiniah.

 

Oke..sudah tahu kegiatan kami selama mengikuti Seminar Nasional bukan? Banyak cerita yang akatarin kami paparkan tentunya harus diikuti oleh mahasiswa STKW, selain menambah pengetahuan juga menambah seduluran… iuh, kami mahasiswa kece badai selalu aktif mengikuti kegiatan yang positif dan tentunya rajin kuliah guna target yang ingin dicapai yaitu nilai yang memuaskan dan ilmu yang bermanfaat tentunya dari kesungguhan selama belajar. Ada salah ketik atau kata mohon dimaafkan, karena penulis juga manusia sehingga khilaf pun juga dapat terjadi. Bye…

Terakhir dari penulis numpang narsis..cekrik. (dea)

Categorised in:

Comments are closed here.

STKW SURABAYA IS THE BEST