PKMCSR 2016

August 10, 2016 7:01 am Published by admin

Konferensi Nasional PKMCSR II
Pengabdian Masyarakat dan Corporate Social Responsibility
“Peran Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Era MEA”
Padang, 27 – 28 Oktober 2016

Co Host: Universitas Bung Hatta (UBH) – Padang

Latar Belakang

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab semua pihak, baik itu Pemerintah, akademisi, bisnis maupun masyarakat itu sendiri. Tiga Perguruan Tinggi ternama di Tangerang yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN),Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Swiss German University (SGU) untuk kedua kalinya akan menyelenggarakan Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKMCSR) dengan Tema yang dipilih pada tahun ini adalah “Peran Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Era MEA”.

Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai akhir tahun 2015 menciptakan persaingan tenaga kerja yang ketat di kawasan Asia Tenggara. MEA harus disikapi sebagai peluang bagi peningkatan kemampuan daya saing SDM dan pertumbuhan industri nasional, di mana Perguruan Tinggi dapat berperan aktif di dalamnya.

Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sedangkan dunia usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.
Perguruan tinggi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha, ataupun pihak lain, baik dalam negeri maupun luar negeri. Indonesia juga perlu mengalihkan investasi ke peningkatan kapasitas penelitian, terutama di perguruan tinggi.

Dalam rangka lebih meningkatkan pembangunan perekonomian nasional dan sekaligus memberikan landasan yang kokoh bagi dunia usaha dalam menghadapi perkembangan perekonomian dunia dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi, Perguruan Tinggi bisa mendukung baik dari sisi tenaga kerja, penerapan hasil penelitian maupun kerja sama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang dapat menjamin terselenggaranya iklim dunia usaha yang kondusif.

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, dalam hal ini perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, termasuk di antaranya adalah masyarakat dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, yakni perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata pada dampak dalam aspek ekonomi, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak terhadap seluruh pemangku kepentingannya. Dengan pemahaman bahwa dunia bisnis memainkan peran kunci dalam penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat, CSR secara umum dimaknai sebagai sebuah cara dimana perusahaan berupaya mencapai sebuah keseimbangan antara tujuan-tujuan ekonomi, lingkungan dan sosial masyarakat, seraya tetap merespon harapan-harapan para pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Dunia usaha adalah salah satu pilar utama dalam sinergi antara Perguruan Tinggi, dunia usaha dan Pemerintah. Dunia usaha dapat memberikan dukungan baik dari segi pendanaan, pemanfaatan tenaga kerja maupun penerapan hasil penelitian untuk dimanfaatkan di masyarakat. Apapun bentuk dukungan yang diberikan, dunia usaha berkepentingan langsung untuk memastikan masyarakat berkembang taraf hidupnya, karena hanya dengan berada di tengah masyarakat yang berdayalah dunia usaha dapat berkembang secara berkelanjutan.

Tema Kegiatan

Tema kegiatan Konferensi Nasional ini adalah “Peran Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan di Era MEA”.

Tujuan

Tujuan dari kegiatan Konferensi Nasional ini antara lain:

  1. Sarana untuk bertukar informasi dan berdiskusi terkait dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan maupun program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh dunia usaha.
  2. Menjadi awal untuk menciptakan sinergi antara kegiatan PKM di lembaga pendidikan dan CSR di dunia usaha sehingga menjadi program pemberdayaan yang lebih efektif dan berkelanjutan.
  3. Menjadi forum ilmiah yang mempertemukan para akademisi, peneliti, dan dunia usaha, NGO dan instansi pemerintah (pusat, provinsi, kabupaten, dan kota).

Sasaran

Sasaran kegiatan Konferensi Nasional ini adalah para akademisi, peneliti, ahli, profesional, praktisi, dan pengambil kebijakan di lingkungan lembaga penelitian, dunia usaha, lembaga swadaya dan lembaga pemerintah.

0001

Program PKM-CSR Award adalah program yang memberikan penghargaan kepada usaha yang dilakukan oleh institusi/perusahaan dalam meningkatkan taraf hidup, memperbaiki lingkungan, dan meningkatkan kecerdasan bangsa.

Program ini melibatkan kerjasama antara perusahaan/instansi pemerintah dan lembaga pendidikan tinggi dalam memberi dampak positif pada masyarakat Indonesia.

PKM CSR Award ini sekaligus bisa menjadi ajang mempromosikan kemitraan PKM-CSR institusi/perusahaan dalam forum nasional.

Syarat pendaftaran

  1. Program PKM-CSR yang didaftarkan harus merupakan kerjasama antara sebuah perusahaan atau instansi pemerintah DENGAN sebuah lembaga pendidikan tinggi.
  2. Program tersebut harus dilakukan di Indonesia, dan dalam kurun waktu tidak lebih dari tiga tahun ke belakang (2014-2016).
  3. Peserta dapat mendaftarkan lebih dari satu program PKM-CSR, namun tiap pendaftaran akan dikenakan biaya.

Cara pendaftaran

  • Kirimkan synopsis (5 – 10 halaman, di luar materi pendukung) program PKM-CSR, yang berisikan:
  1. Judul program PKM-CSR
  2. Key contact person
  3. Perusahaan / lembaga pendaftar
  4. Bentuk kerjasama antar instansi
  5. Budget (semua informasi tentang budget bersifat confidential)
  6. Tujuan
  7. Penelitian
  8. Strategi
  9. Eksekusi
  10. Evaluasi hasil / dampak
  11. Materi pendukung: Web addresses / URL, kliping, foto, dokumentasi, testimoni, dll.
  • Investasi: Rp. 500.000*. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer ke:

          Rekening no 176 00 56 56 56 56

          Bank Mandiri Cabang Tangerang

          a/n Panitia Konferensi Nasional PKM-CSR

            *Sudah termasuk biaya pendaftaran dan registrasi Konferensi Nasional PKMCSR 2016 di Padang.
*Tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi.
  •  Synopsis beserta bukti pembayaran dikirim ke alamat email: pkmcsr@gmail.com.

Tanggal penting

  • Batas waktu pendaftaran: 30 September 2016
  • Pengumuman finalis: 14 Oktober 2016
  • Penganugerahan pemenang: 27 Oktober 2016

Pemenang

Adapun para pemenang akan dipilih berdasarkan dampak positif mereka dan solusi inovatif dalam bidang, antara lain:

  1. Pertanian, Perikanan dan Kelautan
  2. Lingkungan Hidup & Manajemen Bencana
  3. Kesehatan
  4. Ekonomi, Sosial, & Budaya
  5. Teknologi Informasi & Komunikasi
  6. Pendidikan
  • Setiap partisipan akan memperoleh sertifikat keikutsertaan; Apabila masuk sebagai finalis, maka juga akan memperoleh sertifikat finalis.
  • Apabila terpilih sebagai finalis, maka diwajibkan hadir dalam acara penganugerahan pada tanggal 27 Oktober 2016.
  • Para finalis diwajibkan untuk memproduksi poster yang menggambarkan program PKM-CSR terkait dan membawa poster tersebut pada acara Konferensi Nasional PKMCSR Ketentuan spesifikasi poster akan diberitahukan selajutnya.
  • Penganugerahan PKM-CSR Award 2016 akan diberikan kepada tiga pemenang: First Award, Second Award, dan Third Award.

Categorised in:

Comments are closed here.

STKW SURABAYA IS THE BEST