Tantangan! Situs Dikti Jadikan Soal Kalkulus untuk Login

February 3, 2017 11:42 am Published by admin

Sistem login pengukuran Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) online di laman TKT Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi mungkin bisa membuat sebagian orang pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, bagi siapapun yang ingin masuk atau login, harus lebih dulu menjawab berbagai soal kalkulus.

Bukan sembarang soal, untuk bisa masuk ke situs, seseorang harus bisa menjawab pertanyaan integral, matriks, bentuk akar dan pangkat, fungsi kuadrat, logaritma hingga trigonometri.

Rumitnya sistem yang digunakan untuk masuk ke laman TKT ini tentu bisa menuai keluhan. Selain akses masuk yang cukup sulit, perhitungan matematika ini juga memakan waktu untuk menghitung, apalagi pengakses harus menggunakan rumus-rumus.

Seperti dilihat detikcom, Jumat (3/2/2017), saat akan masuk, pengakses harus menyertakan nama dan password. Lalu akan diminta untuk menjawab soal matematika dengan tulisan berikut.

‘Untuk memastikan anda bukan robot, hitunglah nilai x di bawah ini.’

Tantangan! Situs Dikti Jadikan Soal Kalkulus untuk LoginFoto: dok. Website Ristekdikti

Dalam kolom tersebut ada kotak yang berisi rumus anda harus menjawabnya. Jika tidak bisa menjawab anda dapat me-refresh agar soal diganti.

Namun, ketika soal diganti justru akan muncul perhitungan matematika yang lebih sulit begitu seterusnya. Apa alasan syarat login ke situs TKT begitu sulit?

detikcom pun mencoba menghubungi pihak Ristekdikti yang mendesain sistem login tersebut. Ternyata, metode ini baru digunakan selama 2 hari.

“Itu (rumus matematika) baru 2 hari digunakan, sebelumnya kita pakai google selama seminggu cuma banyak keluhan tidak bisa dipakai di browser,” kata Admin sekaligus Ketua Tim Pengembangan Aplikasi TKT, Huda M. Elmatsani saat dihubungi detikcom, Jumat (3/2/2017).

Link terkait: https://news.detik.com/berita/3413320/ini-alasan-soal-kalkulus-jadi-tantangan-login-situs-dikti

Categorised in:

Comments are closed here.

STKW SURABAYA IS THE BEST