Siaran Pers Kemenristekdikti

No. : 50/SP/HM/BKKP/IV/2018

Jakarta, 6 April 2018

Menteri Riset,Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan bahwa saat ini masih banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki akreditasi C. Menteri Nasir dalam Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah II mendorong peran Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) agar dapat membina dan memacu kualitas perguruan tinggi swasta di lingkungannya.

Menteri Nasir pada kesempatan ini juga membahas mengenai perubahan status Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Kopertis) menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT). Menteri Nasir mengatakan bahwa akan ada penambahan 4  LLPT di Indonesia sebagai tambahan dari 14 Kopertis yang akan bertransformasi menjadi LLPT.

“Pada tahap awal, akan ada pendirian LLPT di Nusa Tenggara Timur,” tutur Menteri Nasir.

Menurut Menteri Nasir perubahan status Kopertis menjadi LLPT ini merupakan amanat Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dengan perubahan ini, peran LLPT yang akan lebih luas dibanding Kopertis. Kehadiran LLPT diharapkan dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia yang saat ini masih seikit yang memiliki akreditasi A.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi adalah dengan melakukan merger. Dengan merger perguruan tinggi akan menjadi sehat dan memiliki sumber daya untuk meningkatkan kualitas. Dengan merger ke depannya diharapkan jumlah perguruan tinggi di Indonesia menjadi sekitar 3.500 dari lebih dari 4.500 yang ada saat ini,” ungkap Menristekdikti.

Menteri Nasir mendorong perguruan tinggi swasta di Kopertis Wilayah II dapat berbenah dan meningkatkan kualitasnya. Menristekdikti berharap ada 5 perguruan tinggi swasta dengan Akreditasi A di Kopertis Wilayah II.

Sumber : https://ristekdikti.go.id/kopertis-siap-bertransformasi-menjadi-llpt-2/