STK WILWATIKTA SURABAYA “MENUJU” GRAHADI

September 1, 2022 12:34 pm Published by admin
Leave your thoughts

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia yang ke-77 Tahun, Propinsi Jawa Timur menggelar upacara Pengibaran Bendera di Gedung Grahadi Surabaya. Dalam pelaksanaan upacara tanggal 17 Agustus 2022, tersebut digelar beberapa atraksi seperti: Reog, Paduan Suara, Drumband dan pergelaran dramatari kolosal.
Dalam kesempatan ini Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, diberikan kepercayaan mempergelarkan dramatari kolosal yang berjudul “Sumpah Palapa” dan sajian tari bertema “Jawa Timur Membangun”. Dramatari kolosal Sumpah Palapa dipergelarkan pagi hari sebelum kenaikan Bendera Sang Merah Putih, sedangkan sajian tari bertema Jawa Timur Membangun dipergelarkan saat penurunan bendera sore hari tanggal 17 Agustus 2022. Kedua sajian tersebut disutradari oleh Dr. Wahyudiyanto, S.Sn., M.Sn dan komposer musik Joko Susilo, S.Sn., M.Sn. Keduanya adalah dosen Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya.
Dramatari kolosal Sumpah Palapa bertema semangat persatuan nusantara pada masa Majapahit. Melalui Mahapatih Gajah Mada dengan sumpahnya yang terkenal “Sun Hamukti Palapa, Lamun Wus Hamukti Nuswantara”, dan peran Gayatri (ibunda Tribuana Tunggadewi) serta kebijakan Ratu Tribuana TunggadewiMajapahit tumbuh dan berkembang, bersatu dalam Panji Nusantara.
Sedangkan sajian tari Jawa Timur Membangun, bertemakan keberhasilan program kerja Gubernur Jawa Timur, Ibu H. Khofifah Indar Parawansa dalam membangun Jawa Timur dengan motto pembangungan Jatim Berkah, Jatim Sejahtera dan Jatim Bahagia. (Pipiet. 2022)

Para mahasiswa Program Studi Seni Tari dan Seni Karawitan sedang berproses
Mempersiapkan pergelaran Dramatari kolosal Sumpah Palapa dan sajian tari Jawa
Timur Membangun dan saatpergelaranpagiharitanggal 17 Agustus 2022.
(doc. UPT. PLS EKRAF WILWATIKTA & LPPM STKW SURABAYA 11-8-2022)

Categorised in:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STKW SURABAYA IS THE BEST